Program kerja Laboratorium


KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah swt karena berkat rahmatdan izin Allah penyusun dapat menyelesaikan sebuah Program Kerja tahunanyang dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan KBM diLaboratorium IPA SMP N 2 Selopampang. Adapun Rencana Kerja Laboratoriumtahun ini akan lebih diarahkan pada peningkatan tata kelola dan penambahanterhadap alat/bahan di laboratorium guna memberikan pelayanan terhadap siswapengguna Lab lainnya. Hal ini akan memberikan sebuah motivasi siswa untuk belajardalam pembuktian teori melalui percobaan / demonstrasi untuk menjadi kenyataan.
Selanjutnya untuk lebih berkembangnya peran Laboratorium tak terlepas darikerja sama dari berbagai pihak seperti peran kepala sekolah, wakil sarana/prasanadan guru-guru bidang studi yang terkait serta seluruh komunitas sekolah.Demikianlah yang dapat penyusun paparkan dan oleh karena itu dalamkesempatan ini penyusun menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yangtelah ikut andil dalam menyusun program ini terutama kepada : 1. Kepala SMP N 2 Selopampang. 2. Urusan Kurikulum SMP N 2 Selopampang. 3. Urusan Sarana/Prasarana SMP N 2 Selopampang 4. Bapak dan Ibu stafpengajar IPA SMP N 2 Selopampang, dan teman-teman sejawat yangtelah memberikan dorongan dan semangat sehingga terlaksananya penyusunanProgram Kerja ini, Amin yarabbil’alamin.
Penyusun menyadari sepenuhnya di dalam penyusunan Program Kerja inimasih banyak kekurangan dan kelemahan yang disebabkan oleh keterbatasanpengetahuan dan pengalaman yang penyusun miliki. Oleh sebab itu kritik dan saransangatlah penyusun harapkan, demi kesempurnaan penyusunan Program KerjaLaboratorium ini. Akhirnya harapan penyusun, semoga Program Kerja ini bermanfaatbagi pendidikan sains khususnya bagi rekan-rekan guru jurusan IPA.
Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar belakang
SMP N 2 Selopampang adalah sebuah institusi pendidikan dalampencapaian tujuannya sangat didukung oleh berbagai komponen. Salah satunyaadalah Laboratorium IPA. Lebih dari itu Laboratorium IPA adalah hal yang sangatmendasar dalam terlaksananya suatu proses pendidikan untuk mencapai hasilpembelajaran yang lebih baik. Laboratorium adalah tempat pembelajaran sains IPAdengan cara mencari pengetahun tentang alam secara sistematis melalui prosespenemuan ( inquiri ) yang menekankan pemberian pengalaman langsung dalampenggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa,yangbermuara pada pembelajaran Work-Based experimen ( belajar sambil bekerja ).
Keberadaan Laboratorium IPA juga perlu didukung oleh berbagai program yang baikagar dapat mencapai tujuan yang direncanakan dan mengacu kepada Visi dan Misi SMP N 2 Selopampang dan Kabupaten Temanggung. Penyusunan program yang baik danterencana akan menciptakan suatu pengembangan dan pemeliharaan Laboratorium IPA ke depan. Hal ini akan mendukung tingkat keberhasilan Program yang ingindicapai sekaligus memberikan tingkat ketercapaian Visi dan Misi SMP N 2 Selopampang dan Kabupaten Temanggung.

2. Dasar Pemikiran
a. Pasal 12 ayat (1) dan Pasal 30 UU No 20 Tahun 23 tentang Sistem PendidikanNasional
b. Visi dan Misi serta Program Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung
c. Visi dan Misi serta Program Kerja SMP N 2 Selopampang
d. Program Kerja Laboratorium IPASMP N 2 Selopampang

3.Tujuan
a. Tujuan dari Program Kerja Pengelola Laboratorium ini adalah sebagai guru yang telah disertifikasi untuk mengarah kepada guru yang Propesional
b. Sebagai bahan acuan bagi Pengelola Laboratorium IPA untuk menjalankantugasnya

BAB II
RENCANA KEGIATAN LABORATORIUM IPA
A. Denah Laboratorium
DESAIN RUANG LABORATORIUM IPA Keterangan :
SMP N 2 Selopampang 1 Meja Praktikum/Meja siswa

3 m 12 m
2 Meja LCD
11 10 3 Meja Demonstrasi
14 4 Meja Pembimbing
B 5 Meja Alat
8 m 6 Meja samping /keramik/tempat tas
13 A 7 Bak cuci
13 9 8 Lemari penyimpanan
C 9 Papan tulis

B. Penataan Alat dan Bahan
Penataan alat dan bahan praktik IPA sangat bergantung kepada fasilitas yangada di laboratorium dan kepentingan pemakai laboratorium. Fasilitas yang dimaksuddalam hal ini adalah adanya ruang penyimpanan khusus (gudang), ruang persiapan,dan tempat-tempat penyimpanan seperti lemari, kabinet, dan rak-rak.Untuk menata alat dan bahan praktik IPA ada beberapa hal yang perludikerjakan terlebih dahulu, yaitu pekerjaan sebagai berikut:
1. ruang laboratorium beserta tempat-tempat penyimpanan alat danbahan yang tersedia, misalnya lemari, laci, dan rak.
2. Mendata dan memeriksa alat dan bahan dalam hal macamnya, jumlahnya, sifatfisiknya, harganya, dan sebagainya.
3. Mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan kelompok mata pelajaran (fisika,IPA, dan biologi) atau sesuai dengan katalog yang dirujuk.

C. Pengadministrasian Alat dan Bahan
Untuk memudahkan pengecekan, penggunaan, pemeliharaan, pengadaan, danterutama pertanggungjawaban, semua fasilitas dan alat-alat/bahan di laboratoriumharus diadministrasikan. Pengertian pengadministrasian disini adalah pencatatannama alat/bahan, jumlahnya, ukurannya, mereknya, nomor kodenya, dan tempatpenyimpanannya.Untuk keperluan pencatatan alat dan bahan laboratorium ini diperlukan formatatau buku perangkat administrasi yang meliputi:
1. Buku inventaris
2. Kartu stok
3. Kartu permintaan/peminjaman alat/bahan
4. Buku catatan harian
5. Kartu alat/bahan yang rusak
6. Kartu reparasi
7. Format label
Buku lainnya yang dapat melengkapi perangkat administrasi di atas antaralain:
1. Daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS
2. Program semester kegiatan laboratorium
3. Jadwal kegiatan laboratorium

D. Pengadaan Alat dan Bahan
Untuk melengkapi atau mengganti alat dan bahan yang rusak, hilang, atauhabis dipakai diperlukan pengadaan. Sebelum pengusulan pengadaan alat dan bahandipikirkan hal-hal berikut:
a. Percobaan apa yang akan dilakukan
b. Alat dan bahan apa yang akan dibeli (dengan spesifikasi jelas)
c. Apakah dana tersedia
d. Prosedur pembelian
e. Pelaksanaan pembelian
Prosedur pengadaan alat dan bahan biasnya dimulai dengan penyusunandaftar alat dan bahan yang akan dibeli. Daftar pengusulan diperoleh dari usulanmasing-masing guru IPA yang dikoordinasikan oleh penanggung jawab laboratorium.Daftar alat dan bahan yang akan dibeli dibuat berdasarkan programsemester/program kegiatan laboratorium atau berdasarkan analisis LKS.Daftar alat dan bahan yang dibeli harus dilengkapi dengan spesifikasi alat danbahan, kemudian alat dan bahan disusun berdasarkan prioritas, artinya tentukan alatdan bahan yang terlebih dahulu yang akan digunakan.Daftar alat yang akan dibeli dipisahkan dari daftar bahan. Setelah selesaipenyusunan daftar alat/bahan, daftar ini diserahkan oleh penanggung jawablaboratorium kepada kepala sekolah.

E. Tata tertib Laboratorium IPA
1. Siswa tidak dibenarkan masuk kedalam Lab tanpa izin Guru Pembimbing.
2. Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan memakai sepatu.
3. Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan membawa makanan.
4. Siswa diwajibkan menempati tempat yang sudah ditentukan sesuai kelompok kerja.
5. Alat dan bahan yang digunakan sesuai dengan petunjuk Praktikum .
6. Jika ada alat-alat yang rusak siswa segera melaporkan kepada guru pembimbing.
7. Jika terjadi kecelakaan dalam Praktikum segera melaporkan kepada gurupembimbing.
8. Setelah melakukan Praktikum siswa harus mengembalikan Alat/bahan ketempatsemula dalam keadaan bersih.
9. Labor harus dalam keadaan bersih setelah selesai kegiatan
10. Kerusakan atau kehilangan alat terjadi akibat kelalaian siswa, siswa ataukelompok kerjanya harus menggantinya.
11. Siswa yang tidak mengindahkan tata tertib dapat diberi sangsi /dikeluarkan dariLaboratorium.
CATATAN: Jam-jam yang bertabrakan diadakan penyesuaian dengan materi yangdipraktikumkan atau Demonstrasi

BAB III
ORGANISASILABORATORIUM IPA

Organisasi laboratorium IPA adalah suatu sistem kerja sama dari kelompok orang, barang, atau unit tertentu tentang laboratorium IPA, untuk mencapai tujuan.Mengorganisasikan laboratorium IPA berarti menyusun sekelompok orang ataupetugas dan sumberdaya yang lain untuk melaksanakan suatu rencana ata programguna mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara yang paling berdaya gunaterhadap laboratorium IPA.Orang-orang atau petugas yang terlibat langsung dalam organisasilaboratorium IPA adalah sebagai berikut:
1. KEPALA SEKOLAH
a. Memberi tugas kepada personil-personil yang menjadi tanggungjawabnya.
b. Memberi bimbingan, motifasi, pemantauan dan evaluasi kinerja petugas
c. Memotifasi guru IPA untuk kegiatan laboratorium
d. Menyediakan dana operasional kegiatan laboratorium

2. WAKA KURIKULUM
Membantu tugas kepala sekolah dalam bidang kegiatan pembelajaran dilaboratorium.

3. WAKA SARANA PRASARANA
Membantu tugas kepala sekolah dalam bidang sarana dan prasarana Laboratorium

4. PENANGGUNGJAWAB TEKNIS LABORATORIUM
a. Bertanggungjawab atas kelengkapan administrasi
b. Bertanggung jawab atas kelancaran kegiatan laboratorium
c. Mengusulkan kepada kepala sekolah tentang pengadaan alat dan bahan laboratorium
d. Bertanggung jawab atas kebersihan, penyimpanan, perawatan dan perbaikan alat-alatLaboratorium.

5. KOORDINATOR LABORATORIUM
a. Mengkoordinasi guru-guru IPA dalam penggunaan laboratorium
b. Mengusulkan kepada penanggungjawab laboratorium untuk pengadaan alat dan bahan praktek.

6. GURU
a. Merencanakandanmengaturpelaksanaanpraktikumsecarateratur
b. Melakukanpretespraktikum
c. Memantaudanmengevaluasikegiatanpraktikum

7. LABORAN
a. Mengerjakan tugas – tugas administrasi laboratorium
b. Menyimpan semua alat dan bahan secara rapi sesuai dengan jenisnya
c. Mempersiapkan dan menyimpan kembali alat dan bahan yang telah digunakan
d. Merawat semua alat/bahan/fasilitas laboratorium
e. Bertanggung jawab atas kebersihan alat dan ruang laboratorium beserta perlengkapan lainnya

STRUKTUR ORGANISASI LABORATORIUM IPA
SMP N 2 SELOPAMPANG

BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pelaksanaan program kerja Laboratorium IPA di SMP N 2 Selopampang inidiharapkan menjadi solusi dalam menyiasati besarnya tanggung jawab yang diembanoleh mata pelajaran IPA di sekolah. Dengan adanya pelaksanaan program kerja inisebagai agenda rutin di SMP N 2 Selopampang, diharapkan nilai-nilai sains yang telahdipelajari oleh siswa tidak hanya sekedar menjadi pengetahuan atau hapalan tetap hendaknya menjadi suatu bekal di tengah-tengah kehidupan sehari-hari.

B. Saran
Laboratorium IPA sebagai sarana sumber belajar yang nyata untuk siswabelajar perlu dipelihara kebersihan dan kenyamanannya. Untuk itu laboratorium IPA tidak hanya dikelola oleh koordinator laboratorium IPA saja tetapi diperlukan jugaseorang laboran yang siap setiap saat membantu guru IPA menyelenggarakanpraktikum di laboratorium.Dengan keterbatasan tenaga dan waktu, koordinator laboratorium juga sangatmemerlukan tenga kebersihan yang rutin untuk membersihkan ruang laboratorium,sehingga ruangan selalu dalam keadaan bersih dan siap pakai.Demikian kiranya saran yang dapat diberikan kepada pihak sekolah untukditindaklanjuti.

About these ads

5 thoughts on “Program kerja Laboratorium

    • setahu saya untuk kepala laboratorium itu harus punya ijasah pelatihan kepala lab mbak, yang diselenggarakan LPTK yang ditunjuk agar bisa digunakan untuk persyaratan sertifikasi. Demikian semoga membantu

    • tugasnya banyak sekali mbak, ada juknisnya untuk kepala laborat kok,,, maaf kelamaan balesnya. sampai dihargai 12 jam itu krn banyak yg dinilai, demikian mg bs membantu

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s