LEMBAR OBSERVASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Lampiran 3.

LEMBAR OBSERVASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU IPA

SMP NEGERI KABUPATEN TEMANGGUNG

1.      Nama sekolah                   : ………………………………………………………………….

2.      Nama guru                        : ………………………………………………………………….

3.      Mata pelajaran                  : ………………………………………………………………….

4.      Kelas / semester                : ………………………………………………………………….

5.      Hari/ tanggal/ jam ke         : ………………………………………………………………….

6.      Kompetensi Dasar/           : …………………………………………………………………..

Indikator                             …………………………………………………………………..

7.      Jumlah siswa                    : ………orang, hadir: ………orang, tidak hadir: ……. Orang

NO ASPEK YANG DIAMATI SKOR KET.
1 2 3 4
1. Mengelola ruang dan fasilitas pembelajaran.
a. menyiapkan alat, media dan sumber belajar
b. melaksanakan tugas harian kelas
SKOR G
2. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
a. memulai kegiatan pembelajaran
b. melaksanakan jenis kegiatan yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
c. menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan.
d. melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam urutan yang logis
e. melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal
f. mengelola waktu pembelajaran secara efisien
SKOR H
3. Mengelola interaksi kelas
a. memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran
b. menangani pertanyaan dan respon siswa
c. menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat dan gerakan badan
d. memicu dan memelihara keterlibatan siswa
e. memantabkan penguasaan materi pembelajaran
SKOR I
4. Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar
a. menunjukkan sikap ramah, hangat, luwes, terbuka, penuh pengertian, dan sabar pada siswa
b. menunjukkan kegairahan mengajar
c. mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi
d. membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya
e. membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri
SKOR J
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu
a. mencapai tujuan komunikatif yang diinginkan
b. memiliki unsur makna dalam urutan logis
c. menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
d. menerapkan membentuk wacana, sosiokultural, dengan strategi komunikatif secara tepat
SKOR K
6 Melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar
a. melaksanakan penilaian selama pembelajaran
b. melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
SKOR L
7 Kesan umum kinerja guru/ calon guru
a. keefektifan proses pembelajaran
b. penggunaan bahasa Indonesia yang tepat
c. peka terhadap kesalahan berbahasa siswa
d. penampilan guru dalam pembelajaran
SKOR M

NILAI :

RESPONDEN,                                                                                     PENELITI,

________________________                                                                        ______________________

NIP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s