PEDOMAN PENSKORAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN GURU IPA


PEDOMAN PENSKORAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN GURU IPA

SMP NEGERI KABUPATEN TEMANGGUNG

1.   Merumuskan tujuan pembelajaran

Indikator     :     1.a     Merumuskan kompetensi dasar/indikator hasil belajar.

Penjelasan    :      Untuk butir ini perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut.

a.       Rumusan dinyatakan dengan jelas sehingga tidak menimbulkan tafsiran ganda

–          Rumusan mengandung perilaku (behavior) yang dapat dicapai siswa.

b. Susunan rumusan kompetensi dasar terurut secara logis (dari yang mudah ke yang sukar), dari yang sederhana ke yang kompleks, dari yang konkret ke yang abstrak, dan dari berfikir tingkat rendah sampai tingkat tinggi

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Rumusan tidak jelas dan tidak lengkap.

Rumusan jelas tetapi tidak lengkap atau tidak jelas tetapi lengkap.

Rumusan jelas dan lengkap, atau jelas dan logis, atau lengkap dan logis

Rumusan jelas, lengkap, dan disusun secara logis.

Indikator             :     1.b  Merancang dampak pengiring berbentuk kecakapan hidup (life skill)

Penjelasan           :     Dampak pengiring berbentuk kecakapan hidup hendaknya tertuang di dalam rencana pembelajaran.

Dampak pengiring dianggap operasional apabila sesuai dengan kegiatan pembelajaran.

Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut.

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Tidak dicantumkan dampak pengiring

Dicantumkan dampak pengiring tetapi tidak operasional

Dicantumkan dampak pengiring yang operasional tetapi tidak sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa

Dicantumkan dampak pengiring yang operasional dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa

2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar.

Indikator              :         2.a Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran

Penjelasan            :         Dalam mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran, perlu dipertimbangkan deskriptor-deskriptor sebagai berikut :

a.       Cakupan materi (keluasan dan kedalaman).

b.      Sistematika materi.

c.       Kesesuaian dengan kemampuan dan kebutuhan siswa

d.      Kemutakhiran (kesesuaian dengan perkembangan terakhir dalam bidangnya).

Selanjutnya untuk menilai butir ini perlu diperhatikan skala sebagai berikut :

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Satu deskriptor tampak

Dua deskriptor tampak

Tiga deskriptor tampak

Empat deskriptor tampak

Indikator          :      2.b     Menentukan dan mengembangkan media pembelajaran.

Penjelasan        :      Yang dimaksud dengan media adalah segala sesuatu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga memudahkan siswa belajar (misalnya: gambar, model benda asli dan peta).

Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut.

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Direncanakan penggunaan satu macam media tetapi tidak sesuai dengan tujuan

Direncanakan penggunaan lebih dari satu macam media tetapi tidak sesuai dengan tujuan

Direncanakan penggunaan satu  macam  media yang sesuai dengan tujuan

Direncanakan penggunaan lebih dari satu macam media yang sesuai dengan tujuan.

Indikator                :        2.c  Memilih sumber belajar

Penjelasan             :        Sumber belajar dapat berupa nara sumber, buku paket, buku pelengkap, museum, lingkungan, laboratorium, dan sebagainya.

Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor seperti di bawah ini :

a.       Kesesuaian sumber belajar dengan tujuan.

b.      Kesesuaian sumber belajar dengan tingkat perkembangan siswa.

c.       Kesesuaian sumber belajar dengan materi yang akan diajarkan.

d.      Kesesuaian sumber belajar dengan lingkungan siswa (kontekstual).

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Satu deskriptor tampak

Dua deskriptor tampak

Tiga deskriptor tampak

Empat deskriptor tampak

3.   Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran

Indikator                :        3.a  Menentukan jenis kegiatan pembelajaran

Penjelasan             :        Kegiatan pembelajaran dapat berupa mendengarkan penjelasan guru, observasi, diskusi, belajar kelompok, simulasi, melakukan percobaan, membaca, dan sebagainya.

Penggunaan lebih dari satu jenis kegiatan pembelajaran sangat diharapkan dengan maksud agar perbedaan individual siswa dapat dilayani dan kebosanan siswa dapat dihindari.

Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut :

Kegiatan pembelajaran yang dirancang hendaknya :

a.       sesuai dengan tujuan,

b.      sesuai dengan bahan yang akan diajarkan,

c.       sesuai dengan perkembangan anak,

d.      sesuai dengan waktu yang tersedia,

e.       sesuai dengan media dan sumber belajar yang tersedia,

f.       bervariasi (multi metode),

g.       memungkinkan terbentuknya dampak pengiring yang direncanakan,

h.      memungkinkan keterlibatan siswa secara optimal

i.        memberikan peluang terjadinya proses inquiry pada siswa

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Satu sampai dua deskriptor tampak

Tiga sampai empat deskriptor tampak

Lima sampai enam deskriptor tampak

Tujuh sampai delapan deskriptor tampak

Indikator                :       3.b  Menyusun langkah-langkah pembelajaran

Penjelasan             :        Langkah-langkah pembelajaran adalah tahap-tahap pembelajaran yang direncanakan guru sejak awal sampai akhir pembelajaran.

Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut .

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Dicantumkan langkah pembukaan, inti, dan penutup secara rinci tetapi tidak sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran

Dicantumkan langkah pembukaan, inti, dan penutup secara rinci.

Dicantumkan langkah pembukaan, inti, dan penutup secara rinci dan sesuai dengan tujuan

Dicantumkan langkah pembukaan, inti, dan penutup secara rinci dan sesuai dengan tujuan, disertai rencana kegiatan terstruktur dan mandiri

Indikator               :        3.c  Menentukan alokasi waktu pembelajaran

Penjelasan             :        Alokasi waktu pembelajaran adalah pembagian waktu untuk setiap tahapan/ jenis kegiatan dalam suatu pertemuan.

Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan penyediaan waktu bagi kegiatan pembukaan, inti, dan penutup sebagaimana tampak pada deskriptor sebagai berikut.

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Alokasi waktu keseluruhan dicantumkan pada rencana pembelajaran.

Alokasi waktu untuk setiap langkah (kegiatan pembukaan, inti, dan penutup) dicantumkan tetapi tidak proporsional.

Alokasi waktu kegiatan inti lebih besar daripada jumlah waktu kegiatan pembukaan dan penutup.

Alokasi waktu untuk setiap kegiatan dalam langkah-langkah pembelajaran dirinci secara proporsional.

Indikator          :    3.d  Menentukan cara-cara memotivasi siswa

Penjelasan        :     Memotivasi siswa adalah upaya guru untuk membuat siswa belajar secara aktif.

Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor tentang        cara memotivasi siswa

a.       Mempersiapkan pembukaan pembelajaran seperti bahan pengait, penyampaian tujuan, yang menarik bagi siswa.

b.      Mempersiapkan media yang menarik.

c.       Menetapkan jenis kegiatan yang mudah diikuti siswa  serta menantang siswa berfikir.

d.      Melibatkan siswa dalam kegiatan.

Dalam menilai butir ini perlu dikaji seluruh komponen rencana pembelajaran.

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Satu deskriptor tampak

Dua deskriptor tampak

Tiga deskriptor tampak

Empat deskriptor tampak

Indikator               :        3.e   Menyiapkan pertanyaan (perintah)

Penjelasan             :        Pertanyaan (termasuk kalimat perintah) yang dirancang dapat mencakup (1) pertanyaan tingkat rendah yang menuntut kemampuan mengingat dan (2) pertanyaan tingkat tinggi yang menuntut kemampuan memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi.

Pertanyaan yang disiapkan guru dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Guru menyiapkan pertanyaan untuk menilai/memotivasi siswa pada tahap pembukaan, selama proses belajar dan pada penutupan pembelajaran.

Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut .

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Terdapat pertanyaan ingatan dan atau pemahaman

Terdapat pertanyaan penerapan.

Terdapat pertanyaan analisis dan atau sintesis.

Terdapat pertanyaan evaluasi dan atau kreasi

4.   Merancang pengelolaan kelas

Indikator                 :       4.a  Menentukan penataan latar (seting)  pembelajaran

Penjelasan              :        Penataan latar pembelajaran mencakup persiapan dan pengaturan ruangan dan fasilitas (tempat duduk, perabot dan alat pelajaran) yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut berikut.

a.       Penataan latar (seting) pembelajaran tujuan pembelajaran.

b.      Penataan latar (seting) pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan (perbedaan invidual) siswa.

c.       Penataan latar pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu.

d.      Penataan latar pembelajaran sesuai dengan lingkungan

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Satu deskriptor tampak

Dua deskriptor tampak

Tiga deskriptor tampak

Empat deskriptor tampak

Indikator          :    4.b     Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Penjelasan       :    Yang dimaksud dengan pengorganisasian siswa adalah kegiatan guru dalam menentukan pengelompokan, memberi tugas, menata alur kerja, dan cara kerja sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Pengorganisasian siswa ditandai oleh deskriptor berikut.

a.       Pengaturan pengorganisasian siswa (individu dan atau kelompok, dan atau klasikal),

b.      Penugasan yang harus dikerjakan,

c.       Alur dan cara kerja yang jelas,

d.      Kesempatan bagi siswa untuk mendiskusikan hasil tugas.

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Deskriptor a tampak

Deskriptor a dan b tampak

Deskriptor a, b dan c tampak

Deskriptor a, b, c dan d tampak

5.   Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian.

Indikator       :  5.a    Menentukan prosedur dan jenis penilaian

Penjelasan     :  Prosedur penilaian meliputi :

–     penilaian awal

–     penilaian dalam proses

–     penilaian akhir

Jenis penilaian meliputi :

–     tes lisan

–     tes tertulis

–     tes perbuatan

Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut.

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Tercantum prosedur atau jenis penilaian saja tetapi tidak sesuai dengan tujuan.

Tercantum prosedur atau jenis penilaian saja yang sesuai dengan tujuan.

Tercantum prosedur dan jenis penilaian, salah satu di antaranya sesuai dengan tujuan.

Tercantum  prosedur atau jenis penilaian, keduanya sesuai dengan tujuan.

Indikator       :        5.b   Membuat alat penilaian dan kunci jawaban.

Penjelasan     :       Alat penilaian dapat berbentuk pertanyaan, tugas, dan lembar observasi, sedangkan kunci jawaban dapat berupa jawaban yang benar atau rambu-rambu jawaban.

Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut.

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Rumusan pertanyaan tidak mengukur ketercapaian TPK.

Rumusan pertanyaan mengukur ketercapaian TPK.

Rumusan pertanyaan mengukur ketercapaian TPK dan memenuhi syarat-syarat penyusunan alat evaluasi termasuk penggunaan bahasa yang efektif.

Rumusan pertanyaan mengukur ketercapaian TPK dan memenuhi syarat-syarat penyusunan alat evaluasi termasuk penggunaan bahasa yang efektif disertai pencantuman kunci jawaban

6.   Tampilan dokumen rencana pembelajaran

Indikator                 :       6.a  Kebersihan dan kerapian

Penjelasan              :        Kebersihan dan  kerapian rencana pembelajaran dapat dilihat dari penampilan fisik rencana pembelajaran.

Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut :

a.       Tulisan dapat dibaca dengan mudah.

b.      Tulisan ajeg (konsisten)

c.       Tampilan bersih (tanpa coretan atau noda) dan menarik.

d.      Ilustrasi tepat

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Deskriptor a tampak

Deskriptor a dan b tampak

Deskriptor a, b dan c tampak atau a, b, dan d tampak

Deskriptor a, b, c dan d tampak

Indikator       :  6.b    Penggunaan bahasa tulis

Penjelasan           :  Bahasa tulis yang digunakan dalam rencana pembelajaran hendaknya mengikuti kaidah bahasa tulis.

Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut :

a.       Bahasa komunikatif.

b.      Pilihan kata tepat.

c.       Struktur kalimat baku.

d.      Cara penulisan sesuai dengan EYD.

Skala Penilaian Penjelasan
1

2

3

4

Deskriptor a tampak

Deskriptor a dan b atau a dan c tampak

Deskriptor a, b dan c tampak

Deskriptor a, b, c dan d tampak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s